Service Excellence and Handling Complaint

Service Excellence and Handling Complaint Training

Narasumber: Bpk. Tjhai Saidi dari PT. Kalbe Jakarta

 

Service Excellence dan Handling Complaint Training, dalam bahasa Indonesia disebut pelatihan Pelayanan Prima. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan  dan diikuti oleh 99% Karyawan Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan pada tanggal 9 – 13 Oktober 2023. 

Materi disajikan dengan luwes, santai, penuh inspiratif dan langsung praktek dengan membentuk kelompok kecil sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Dan..yang tidak kalah penting adalah ada segudang hadiah menarik dari PT. Kalbe setiap kali peserta mengajukan pertanyaan dan mempraktekkan service excellence and handling complaint. Senangnya..dapat hadiah. Terima kasih PT. Kalbe..! 

Secara singkat point penting materi dijabarkan sebagai berikut:

  1. Ada 4 indikator dalam pelayanan prima

    • Melayani dengan hati yang tulus

    • Menerapkan  5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun)

    • Tanyakan kebutuhan pelanggan/pasien

    • Memberikan harapan pelanggan

  2. Teori Kepribadian 

Menurut William Moulton Marston (1893-1947) tipe kepribadian manusia dikelompokkan sbb

Peserta mengikuti test mengenal diri dari site Aku Pintar https://akupintar.id/

Luar biasa..! Semua peserta dengan semangat dan antusias mengikuti tes Aku Pintar kemudian peserta dikelompokkan sesuai dengan tipe dari hasil tes Aku Pintar.  Narasumber menjelaskan ke empat tipe kepribadian kemudian membagi peserta dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3 orang peserta. Asyiiik..semua peserta berlomba untuk maju karena akan mendapatkan hadiah menarik. 

Pertanyaan refleksi: apakah aku sudah melakukan keempat indikator di atas? Jika belum, mari kita mulai lagi… Inilah menjadi himbauan dari Yayasan dan Direksi RS Santa Elisabeth Medan dalam penutupan Service Excellence and Handling Complaint Training. 

“Kita Bisa, Mari Kita Mulai Lagi”